VISI & MISI DESA BUMI HARAPAN

29 Juli 2025
BAMBANG CAHYONO
Dibaca 30 Kali
VISI & MISI DESA BUMI HARAPAN

VISI & MISI

DESA BUMI HARAPAN

2024 – 2032

 

Visi:
"Desa Bumi Harapan yang Mandiri, Inovatif, dan Berkelanjutan sebagai Pilar Serambi Nusantara."

Misi:

1.Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Menyediakan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua lapisan masyarakat, serta mendukung program pelatihan dan pengembangan kapasitas untuk generasi muda, guna menciptakan sumber daya manusia yang kompeten.

2.Membangun Kemandirian Ekonomi dan Peningkatan Pendapatan Asli Desa

Mendorong pertumbuhan potensi ekonomi lokal melalui pengembangan UMKM dan optimalisasi BUMDes, untuk menciptakan lapangan kerja dan dan meningkatkan pendapatan asli desa.

3. Pengembangan Sektor Pariwisata

Mengembangkan potensi pariwisata desa dengan mempromosikan budaya, alam, dan kerajinan lokal, serta meningkatkan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung kegiatan pariwisata dan meningkatkan perekonomian.

4. Pengembangan Infrastruktur yang Berkelanjutan

Meningkatkan infrastruktur dasar seperti jalan, sanitasi, dan air bersih untuk mendukung pertumbuhan desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mendukung aksesibilitas terhadap destinasi wisata.

 

5. Pelestarian Lingkungan Hidup

Mengimplementasikan kebijakan dan program yang mendukung pelestarian lingkungan, seperti penghijauan, pengelolaan sampah, dan perlindungan terhadap sumber daya alam, demi keberlanjutan ekosistem desa.

6. Pemberdayaan Masyarakat yang Terarah dan Partisipatif

Mendorong pemberdayaan masyarakat melalui program-program yang terfokus pada pengembangan kapasitas individu dan kelompok, meningkatkan akses terhadap informasi dan sumber daya, serta memfasilitasi partisipasi aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa.

7. Membangun Kerja Sama yang Sinergis

Menggandeng berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan organisasi masyarakat, untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kolaborasi yang efektif.

8. Peningkatan Layanan Publik

Meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan publik bagi masyarakat, termasuk kesehatan, administrasi, dan layanan sosial, serta memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Keuangan desa.